Buchmesse 2019

Pada hari Kamis-Jumat, 14-15 Maret 2019 telah dilaksanakan acara tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Jerman yaitu Buchmesse ke-13 dengan tema “Jahreszeiten der Bücher” yang berarti Musim Buku di Lantai Merah STBA YAPARI-ABA Bandung.

Layaknya book fair lainnya, rangkaian acara Buchmesse ini terdiri atas bedah buku, pameran buku, Talkshow, kompetisi untuk pelajar dan mahasiswa serta hiburan dari dalam kampus dan luar kampus.

Book fair tahun ini, didukung oleh Togamas, Toko Buku Nusa Cendana, Bandung BookCenter, Perplus serta Books & Beyond. Acara ini juga disponsori oleh Kedutaan Besar Jerman dan bekerja sama dengan XChannel, Polyglot Indonesia, HitsUPI, IMBSJI serta Lensa 194 sebagai media partner.

Untuk Bedah Buku kali ini Himpunan Mahasiswa Jurusan Jerman mengundang salah satu penulis muda yaitu Syahid Muhammad. Dalam bedah buku ini, Syahid Muhammad membedah salah satu buku karyanya yang berjudul Paradigma.

Selain bedah buku, di Buchmesse tahun ini juga terdapat beberapa Talkshow bersama Watty Awards Winner, @Bulshitandforget with “ DUPA”, Deutschclub Bandung, Polyglot Indonesia, serta Napak Inclusive Society.

Dalam rangkaian acara Buchmesse dilengkapi juga oleh hiburan dari dalam kampus maupun luar kampus. Dari dalam kampus yaitu  Gentra Seba, Big Band, Magnifichor, Teater Ungu, D.O.S, Yosakoi Boushi, Soran Boushi, dan Kabaret Okashi. Untuk hiburan spesial dari luar kampus yaitu Invalium, Electvelvet, dan Deutschcoustic.

Selain book fair, talkshow, bedah buku dan acara hiburan, terdapat juga lomba-lomba yang diikuti oleh siswa-siswi SMA se-kota Bandung. Lomba-lomba tersebut diantaranya lomba baca puisi, lomba baca berita, lomba mengarang dan lomba online: fotografi, cover song, serta vlog. Juara umum Buchmesse 2019 dimenangkan kembali oleh SMA Pasundan 1 Bandung, dimana mereka berhasil mempertahankan gelarnya dari tahun lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *